Sunday, December 2, 2012

Clinical Research Scholar Award

Tak henti-hentinya mengucapakan syukur, sesaat setelah mendapatkan paket dari Harvard Medical School yang berisi dua sertifikat (kelulusan dan award) dan email konfirmasi (26 November 2012) yang menyatakan bahwa saya lulus dan terpilih menjadi salah satu diantara 15 students (yang mendapatkan Clinical Research Scholar Award) diantara 300an students yang mengikuti kuliah Principles and Practice of Clinical Research (PPCR), Harvard Medical School dari bulan Februari-Oktober 2012.

Bagi saya ini merupakan pencapaian yang luar biasa, karena saya tidak ngotot untuk mendapatkan award, saya hanya berfokus untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan semampu saya, karena saya tahu bahwa saya mempunyai banyak kelemahan2 dalam mengikuti kuliah tersebut, termasuk yang paling besar adalah background saya yang bukan dari kedokteran. Hal ini menyebabkan saya harus belajar ekstra untuk mengerti isitlah-istilah kedokteran dikuliah tersebut selain mempelajari tugas2 lainnya, seperti homework, group work (writing grants), dan tentu saja menghadiri kuliahnya seminggu sekali selama 3 jam, serta 4 kali ujian.

Sebetulnya, saya juga menerapkan strategi dalam kuliah tersebut, dalam tulisan ini saya akan fokus ke salah satu tugas yang dinamakan forum dan diskusi.
Jadi, dalam tugas ini, setiap minggu kita diberikan bahan bacaan satu study case yang biasanya 6-13 halaman, beberapa bab dalam buku pegangan (Foundation of Clinical Research Applications to Practice; 3rd Edition; Portney and Watkins, 2009) dan paper-paper yang berjumlah 6-13 buah. Bahan-bahan bacaan tersebut harus dibaca jika kita ingin aktif dalam forum dan diskusi per minggunya. Karena jika tidak, kita tidak akan mempunyai cukup pengetahuan yang memadai untuk share dan berdiskusi dengan students lainnya.

So, apa sebetulnya strategi saya? 
1. Dalam forum diskusi ini, biasanya ada beberapa subtopik (biasanya minimal berjumlah 6 subtopik) yang disediakan oleh koordinator untuk didiskusikan oleh studentsnya. Disaat students yang lain lebih fokus ke subtopik study case, saya hanya terlibat sedikit saja di subtopik ini, jadi lebih fokus ke subtopik-subtopik yang lainnya yang kurang diperhatikan oleh students2 yang lain. Jadi saya bisa lebih aktif berkontribusi di subtopik2 ini.
2. Strategi lainnya adalah, disaat students lain hanya fokus dengan bacaan yang diberikan oleh koordinator kuliah, saya membaca bahan2 bacaan lain yang berhubungan dengan topik2 tersebut. Saya bisa membaca 3-10 paper lain yang mendukung topik-topik tersebut tiap-tiap minggunya, tentu saja dengan cara meng'google' sendiri. Karena hal ini, saya mempunyai pengetahuan lebih untuk dishare ke forum dan berdikusi dengan students lainnya dalam mengerjakan tugas ini.

Mungkin strategi inilah yang membuat saya menjadi salah satu student yang mendapatkan award tersebut. Dan salah satufaktor lainnya adalah si Prof. yang mensupport dan teman2 lain yang sering mengingatkan untuk: BELAJAR!! BELAJAR!! BELAJAR!!

Walaupun terasa lelahnya, karena tiap hari saya masih harus bergelut dengan riset, tugas-tugas kongres dan international lainnya...namun akhir yang membahagiakan akhirnya terjadi...;)
Alhamdulillah..;)




1 comment:

  1. Selamat Ya Boy, semoga terus berprestasi, ditunggu oleh-olehnya dari amerika...:)

    ReplyDelete