Wednesday, September 24, 2014

64th WHO Regional Europe Meeting

Setiap tahun diadakan WHO Regional Europe Meeting. Tahun 2014 ini adalah yang ke 64 (64th WHO Regaional Europe Meeting). Meeting ini tepatnya diadakan pada tanggal 15-19 September 2014, di UN City center, Copenhagen, Denmark.

Meeting ini mirip tahun lalu membawa agenda, salah satunya adalah Health 2020:the  European Policy Health and Well Being. Meeting ini dihadiri oleh berbagai negara, yang dalam istilah WHO disebut member state, syang tentunya dari regional eropa .

Saya dan profesor diundang ke meeting ini sebalagi delegasi dari NGO International Society of Physical and Rehabililtation Medicine (ISPRM). ISPRM merupakan salah satu scientific society dalam bidang rehabilitasi medik. Dalam meeting ini, setiap member states dan NGO diberi kesempatan untuk menyampaikan statement sesuai agenda yang telah direncanakan. ISPRM juga memberikan statment/pernyataan tentang pentingnya memasukkan isu2 yang berkaitan dengan disability kedalam agenda meeting WHO regional Europe yang selanjutnya. Karena WHO central office sendiri telah mengadopsi dan mengaprove WHO Global Disability Action Plan 2014-2021: Better Health for all people with disability. Beraitan dengan ini, tentunya setiap regional harus juga memasukkan isu yang berkaitan dengan hal tersebut, mengingat disability sendiri bukan hanya merupkan isu biologi/kesehatan tetapi juga merupakan isu social yang berkaitan erat dengan keterbatasan orang yang menyadang disability untuk berhubungan dengan linkungannya.

Statement dari ISPRM sendiri bisa dilihat langsung dari rekaman video yang diambil saat meeting tersebut:
dari website WHO atau langsung dari youtube


Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment